SKL-Materi Ujian Praktek "Perangkat Komputer"



Perangkat Keras

Perangkat keras komputer (Inggrishardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat
lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:
1.     Papan sistem/papan induk yang merupakan tempat CPU, memori dan bagian lainnya, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.

 



2.     RAM - tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC



 

3.    
 
 
Buses:
§  Bus PCI
§  Bus ISA
§  AGP
  


4.     ROM (Read Only Memory) adalah istilah bahasa Inggris untuk medium penyimpanan data pada komputer. ROM adalah singkatan dari Read-Only Memory, ROM ini adalah salah satu memori yang ada dalam computer. ROM ini sifatnya permanen, artinya program / data yang disimpan di dalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik di matikan. Di mana data firmware diletakkan/ disimpan.







5.     Prosesor Unit Pengolah Pusat (UPP) (bahasa Inggris: CPU, singkatan dari Central Processing Unit), merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain, prosesor (pengolah data), sering digunakan untuk menyebut CPU. Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal. Sejak pertengahan tahun 1970-an, mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU

6.     Pencatu Daya (Inggris: power supply) adalah sebuah piranti elektronika yang berguna sebagai sumber daya untuk piranti lain, terutama daya listrik. Pada dasarnya pencatu daya bukanlah sebuah alat yang menghasilkan energi listrik saja, namun ada beberapa pencatu daya yang menghasilkan energi mekanik, dan energi yang lain.





7.     Pengontrol penyimpanan, dari jenis IDESCSI atau lainnya, yang mengontrol hard diskFloppy diskCD-ROM dan drive lainnya; kontroler ini terletak di papan induk (atas-papan) atau di kartu tambahan



8.     Port VGA (Pengontrol penampilan video) yang memproduksi output untuk komputer display

9.     Pengontrol komputer bus (paralelserialUSBFirewire) untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya sepert iprinter atau scanner

10.  Beberapa jenis penyimpanan komputer:
§  CD - tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak.
§CD-ROM
§CD-RW
§CD-R
§  DVD
§  DVD-ROM
§  DVD-RW
§  DVD-R




§  Floppy disk

11.  Penyimpanan dalam - menyimpan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang.
§  Hard disk - untuk penyimpanan data jangka panjang




12.  Kartu suara - menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.
13.  Jaringan komputer - untuk menghubungkan komputer ke internet dan/atau komputer lainnya.
§  Modem - media penyambung ke koneksi internet.




§  Kartu network - untuk internet DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke komputer lain.
14.  Alat lainnya.
Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.
§  Input
§  Keyboard

§  Alat penunjuk
§  Mouse

§  Trackball

§  Joystick

§  Gamepad


§  Scanner gambar

§  Webcam

§  Tablet Grafis

§  Output
§  Printer

§  Speaker

§  Monitor (CRT, LCD, LED)

§  Jaringan/Networking
§  ModemADSL
§  Modem Dial Up




§  kartu network (LAN Card)
§  Switch hub
§  kabel RJ 45
§  conector RJ 45




§  Crimping tool (tang crimp)
§  Antenna omni
 
§  Antenna grid

§  Wireless Access Point

Download Selengkapnya
 

0 komentar:

Post a Comment