Character Building, Dimana?

Kakak kelas membantu siswa baru
Tahun ajaran baru yang dimulai pada pertentahan Juli 2011 telah masuk pada bulan Agustus. Hari-hari kuhabiskan dengan mengajar. Menyenangkan memang, dengan suasana baru tentunya siswa baru. Terutama kelas 7, sebelumnya mereka 6 tahun di sekolah dasar dan sekarang mereka masuk dalam sekolah menengah. Banyak hal yang harus mereka lalui pada masa peralihan dari masa anak-anak menunju masa remaja.
Sebagai guru TIK dalam mengajar aku harus menyisipkan pesan-pesan moral atau dalam bahasa kerennya pembentukan karakter pada siswa. Kurikulum dengan anjuran dinan pendidikan menetapkan dalam penyusunan rencana pengajaran semua guru ha
rus memasukan pembetukan karakter.
Jika melihat itu semua yang menjadi pertanyaan adalah "Apakah generasi sekarang sudah tidak berkarakter"? "Apakah sekolah harus bertanggung jawab terhadap karakter siswa"!
Sulit juga menjawabnya. Tentunya faktor lingkungan keluargalah yang sangat menentukan karakter siswa, namun jika kondisi keluarga tidak mendukung tentunya pendidikan karakter di sekolah sangat membantu. Maka apabila kedua kondisi tersebut didapat siswa yang pasti semakin memiliki karakter yang berlapis-lapis. So, sinergi positif antara lembaga sekolah dan orang tua siswa sangat diperlukan.

0 komentar:

Post a Comment