Wacom Pen Tablet CTH-661/SO-C Bermasalah di XP

Salah satu temanku Ratih guru seni rupa meminta tolong untuk meng-instal pen tablet Wacom Bamboo CTH-661/SO-C di notebooknya. Buka dusnya kemudian mencari cd drivernya. "Dicari-cari kok ndak ada, hm dimana ya". Sudah lelah mencari baru ingat ternyata aku sendiri yang menyimpannya. Setelah itu aku instal drivernya, aplikasi Bamboo
dan Adobe Elemen. Seneng deh teman, kemudian ia coba corat-coret di paint dan adobe elemen. Kemudian membuat animasi di aplikasi Bamboo. Akupun harus ngacir pulang kemudia temanku mengatakan, "Makasi Pak". Ah aku pikir nanti malam dia langsung berkreasi dengan pen tabletnya.
Esoknya pas ketemu Ratih di sekolah dengan wajah sedih dia mengatakan "Pak kok pen tabletnya gak bisa dipakai maksimal, kok areanya kecil gak cocok dengan area pen tabletnya?". Padahal udah disetting sama lagi sama temanku satunya Rafael. Ah jadi penasaran langsung aku coba lagi. Ternyata benar pen tablet tidak maksimal, area tidak sama antaran di monitor dan area tablet. Coba aku download driver terbaru di web wacom kemudian aku install lagi. Tetep aja gak ada perubahan.

Akhirnya sambil plonga-plongo, Rafael nyletuk, "Eh pak bukannya harus pake Windows 7, kan dulu uda pernah instal di laptop kepala sekolah", akupun berseloroh "Oh ala iya benerrrr".
Langsung aja aku minta Rafael untuk instal ulang notebook Ratih yang sebelumya XP menjadi Windows 7. Aku sendiri ngacir harus ikut kursus bahasa Inggris. Sepulang kursus kedua temanku masih utak-atik notebook dan pen tablet. Langsung aku tanya "Gimana uda bisa pen tabletnya", "Bisa Pak jawab mereka serempak.
Ah pasti Ratih nanti malam akan berkreasi lagi paling tidak akan menggambar wajahku dan Rafael yang makin lama makin mirip komputer.

1 komentar: