Teknologi Internet dalam Pendidikan

image from kiwicommons.com
Enam tahun lalu, internet terbatas pada apa yang bisa dilakukan dan digunakan. Banyak orang mendengar kata tetapi tidak memiliki petunjuk apa itu. Hari ini, sebagian besar guru tidak hanya telah terpapar internet tetapi juga memiliki akses di rumah atau di sekolah.
Pada kenyataannya, sejumlah besar sekolah mulai untuk menempatkan internet di setiap kelas. Bahkan yang lebih menarik dari ini adalah teknologi terbaru: Wireless. Maka sekolah dapat memiliki 'Kelas Portabel'. Ini terdiri dari laptop jaringan bersama-sama, memungkinkan siswa untuk bekerja di meja mereka tanpa kabel. Jika laptop terkoneksi ke printer jaringan, siswa dapat mencetak dari komputer pribadi mereka ke printer kelas. Bayangkan kemungkinan itu!
Penelitian adalah salah satu alasan untuk menggunakan internet dalam pendidikan. Siswa memiliki kekayaan informasi yang terbuka bagi mereka. Seringkali, ketika mereka meneliti suatu topik, perpustakaan sekolah tidak memiliki buku-buku dan majalah yang dibutuhkan. Internet membantu memecahkan masalah ini.

Bagaimana Mengintegrasikan Teknologi

Penelitian
Satu kekhawatiran dalam teknologi internet adalah kualitas informasi yang ditemukan secara online. Anda dapat membantu siswa menentukan apakah informasi mereka dari sumber yang dapat dipercaya. Ini juga merupakan pelajaran penting bagi mereka untuk belajar untuk penelitian di perguruan tinggi dan seterusnya.
Kemungkinan untuk penilaian penelitian di internet tidak terbatas, banyak dari mereka yang melibatkan bentuk-bentuk lain dari teknologi. Beberapa ide termasuk esai, debat, diskusi panel, memainkan peran, presentasi video untuk informasi, pembuatan web halaman dan presentasi.

Membuat Website
Sebuah proyek kedua yang dapat membantu mengintegrasikan teknologi tentang pembuatan website sekolah. Anda dapat mempublikasikan sebuah website dengan kelas Anda tentang informasi siswa telah meneliti apa yang telah dibuat. Contoh website dapat menampilkan kumpulan koleksi siswa seperti cerita pendek, foto karya/desain, puisi dan informasi dari proyek sains, bahkan kritik novel dapat dimasukkan.
Satu kekhawatiran yang akan dibahas lebih dalam bagian kedua adalah kekhawatiran plagiarisme.
Bagaimana Anda dapat melakukan ini? Banyak tempat menawarkan website gratis. Pertama, Anda dapat memeriksa dengan sekolah Anda untuk melihat apakah mereka memiliki sebuah situs web, dan apakah Anda bisa membuat halaman yang akan dihubungkan ke situs tersebut. Jika itu tidak tersedia, Blogger, Wordpress, Co.CC adalah salah satu contoh di mana Anda dapat mendaftar dan mendapatkan ruang untuk meng-upload informasi Anda ke halaman Anda sendiri.
Seberapa sulit untuk belajar? HTML, bahasa dasar internet, tidak terlalu sulit untuk belajar sama sekali. Maka pelatihan atau lokakarya HTML dapat membantu para guru. 

Penilaian Online
Sebuah wilayah baru dari internet adalah dapat melihat nilai siswa secara online. Anda dapat membuat tes sendiri secara online melalui website sekolah. Ini memerlukan pengetahuan tentang internet, pengguna baru mungkin tidak cukup siap untuk ini. Meskipun, itu mungkin cara yang bagus untuk berinteraksi dengan siswa apalagi saat liburan. 

CONCERN

1. Waktu 
Keberatan: Guru tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan semua itu. Di mana kita menemukan waktu untuk melaksanakan ini ke dalam kurikulum tanpa 'membuang-buang waktu'?
Kemungkinan Solusi: Internet, sama seperti teknologi lainnya, adalah alat. Banyak informasi dapat ditularkan melalui buku dan tatap muka dengan siswa. Namun, jika Anda merasa bahwa mengintegrasikan internet adalah penting, hanya mencoba satu proyek setiap tahun.

2. Biaya dan Tersedia Peralatan
Keberatan: Sekolah-sekolah tertentu tidak selalu memberikan anggaran yang besar untuk teknologi. Banyak sekolah tidak memiliki peralatan yang diperlukan. Beberapa tidak terhubung ke internet.
Kemungkinan Solusi: Jika sekolah Anda tidak mendukung atau tidak mampu untuk menyediakan teknologi, Anda dapat beralih ke perusahaan sponsor dan hibah. Sekolah dapat aktif mencari dana.

3. Pengetahuan
Keberatan: Belajar tentang teknologi baru dan internet adalah membingungkan. Anda akan mengajar dengan sesuatu yang Anda mungkin tidak sepenuhnya memahami.
Kemungkinan Solusi: Mudah-mudahan sebagian besar sekolah-sekolah melalui departemen pendidikan menerapkan rencana penataran untuk membantu guru menyesuaikan diri dengan teknologi.

4. Kualitas
Keberatan: Kualitas di internet tidak dijamin. Sangat mudah untuk menemukan informasi bias dan website tidak akurat tanpa peraturan apapun.

Kemungkinan Solusi: Ketika Anda menugaskan siswa melakukan penelitian, melakukan pencarian untuk memastikan informasi yang tersedia. Banyak waktu yang terbuang saat mencari topik di web. Meninjau situs web, baik sendiri atau dengan siswa Anda.

5. Plagiarisme
Keberatan: Ketika siswa penelitian dari web untuk menghasilkan makalah penelitian tradisional, seringkali sulit bagi guru untuk mengetahui apakah itu menjiplak. Tidak hanya itu, tetapi siswa dapat membeli informasi dari web.

Kemungkinan Solusi: Pertama, mendidik diri sendiri. Cari tahu apa yang tersedia. Juga, memberikan nasehat. Siswa menjawab pertanyaan dari Anda dan harus mampu menjelaskan temuan mereka.

6. Kecurangan
Keberatan: Tidak ada yang menghentikan siswa dari kecurangan dengan satu sama sementara lainnya di internet, terutama jika Anda memberi penilaian secara online.

Kemungkinan Solusi: Pertama, kecurangan dari satu sama lain selalu ada, tapi internet tampaknya membuat lebih mudah. Banyak sekolah membuat pengiriman email dan pesan instan terhadap kode sekolah karena pelanggaran mungkin. Karena itu, jika siswa tertangkap menggunakan ini selama penilaian, mereka tidak hanya akan bersalah karena melakukan selingkuh, tetapi juga melanggar peraturan sekolah.

Kedua, jika penilaian online diberikan, guru melakukan pengawasan dengan aplikasi pengawas seperti netop, deepfreeze dan banyak lagi

7. Keberatan Orangtua dan Masyarakat
Keberatan: Internet adalah penuh dengan item yang kebanyakan orangtua lebih suka menjauhkan diri dari anak-anak mereka: pornografi, bahasa kotor, dan informasi subversif. Orang tua dan anggota masyarakat mungkin takut anak mereka akan dapat mengakses informasi ini jika diberi kesempatan untuk menggunakan internet di sekolah. Juga, jika pekerjaan siswa yang akan dipublikasikan di internet, mungkin perlu untuk mendapatkan persetujuan orangtua.

Kemungkinan Solusi: Tidak seperti perpustakaan umum, perpustakaan sekolah memiliki kemampuan untuk membatasi apa yang dilihat di internet. Siswa tertangkap mengakses informasi yang dipertanyakan dapat dikenakan tindakan disipliner. Sekolah akan bijaksana untuk memastikan bahwa komputer dengan akses internet yang mudah diamati dalam rangka untuk memantau aktivitas siswa. Jika siswa menggunakan internet, guru perlu untuk memeriksa dan memastikan mereka tidak mengakses diluar materi Untungnya, guru dapat melihat 'history' dari apa yang diakses di internet. Guru juga dapat melakukan pemblokiran lewat aplikasi router, squid, webproxy, filter dewasa dll. Guru pun dapat mengawasi secara langsung dengan menggunakan aplikasi yang tersedia.

0 komentar:

Post a Comment