Cara Menghindari Pajak

Judulnya gila bukan? Banyak orang yang berusaha menghindari pajak dengan cara apapun. Manipulasi data, memanfaatkan lemahnya aturan perpajakan. Bahkan bisa lewat institusi itu sendiri atau orang dalam di institusi pajak. Disebut oknum atau memang systematis struktural.. Hmm tahu sendiri ahhh.

Nah ternyata negara sekelas Amerika Serikat, banyak warganya terutama para pengusah mencari celah agar dapat membayar pajak sedikit mungkin. Salah satunya adalah mengubah status kewarganegaraan menjadi warga negara lain. Sudah ribuan warga negara disana yang berpindah warga negara.
Seperti yang dilakukan salah satu pendiri Facebook Eduardo Saverin. Dia berpindah menjadi warga negara Singapura karena di negaranya sendiri ia kena pajak 15% dari total kekayaannya. Ketika saham Facebook laku dengan total 95 miliar dolar atau 820 triliun rupiah, dengan saham 4 % yang ia miliki maka pajak yang harus dibayar ke pemerintah adalah 2,7 triliun.
Maka dengan kepindahannya menjadi warga negara Singapura, dia terhindar dari pajak tersebut. Bahkan ide ekstrem muncul dari pemilik situs Paypal, Pieter Thiel yang berencana membangun kota apung di laut lepas San Fransisco hanya untuk menghindari pajak.
Langkah mereka dianggap banyak kalangan sebagai langkah cerdas. Namun bagi bagi penulis dia bisa lebih cerdas lagi jika mau pindah menjadi warga negara Indonesia, tinggal bayar ke makelar pajak 1 miliar maka ia akan bebas pajak seumur hidup. Percaya gak percaya.. buktikan saja..

2 komentar:

  1. Hahaha, bayangkan bebas pajak seumue hidup

    ReplyDelete
  2. Hahaha menggelikan,,, ketika uang bayar pajak kita masuk kantong para koruptor... sampai sekarang mereka masih tetap aman tuh,,,

    ReplyDelete