Anak Perlu Belajar Komputer Melalui Sekolah


Ketika kita mendengar kata "hacker" maka dalam benak kita pasti muncul kata-kata negatif. Tapi tahukah Anda bahwa hacker adalah bermakna positif. Sebenarnya makna hacker adalah seseorang yang bertugas mencari kelamahan suatu sistem dalam jaringan komputer. Biasanya mereka bekerja pada perusahaan-perusahaan yang memiliki jaringan komputer.
Jika mereka menemukan kesalahan atau celah dalam jaringan maka hacker akan melaporkan dan melakukan perbaikan celah tersebut. Bayangkan jika perusahaan besar tidak tahu celah keamanan dalam sistem jaringan maka sudah dipastikan akan banyak penyusup untuk mencuri data perusahaan tersebut. Jadi sebenarnya hacker sangat berjasa bagi perusahaan.
Maka pemerintah mesti berpikir ulang untuk menghukum Wildan Yani Ashari yang berhasil menemukan kelemahan website pemerintah. Team IT perintah juga patut berterima kasih atas deface yang dilakukan Wildan. Remaja seumur Wildan masih mampu dibina dan difasilitasi untuk berkembang dalam dunia hacker. Sepatutnya pemerintah membiayai pendidikan selanjutnya bagi Wildan sehingga dapat menggunakan kepintarannya untuk mengawasi dan memproteksi kelemahan website pemerintah.
Ini membuktikan jika pelajaran komputer di tingkat dasar sangat merasuk pada diri anak-anak. Masih banyak anak-anak atau remaja yang memiliki kemampuan seperti Wildan. Ada yang dapat membuat games, virus, aplikasi. Mereka bisa berkembang kemampuan ITnya karena mendapatkan pelajaran komputer di sekolah dasar dan menengah. Mereka sangat termotivasi untuk mempelajari IT.
Nah bukannya kita senang tapi sangat prihatin akan kebijakan menghapus pelajaran komputer di  sekolah dasar dan menengah. Penentu kebijakan mestinya melihat sisi kelebihan-kelebihan siswa melalui materi pelajaran. Jika mau turun ke lapangan, para siswa sangat menyukai pelajaran komputer karena setelah teori mereka langsung dapat mengaplikasikan. Kalau kita menghargai pendapat siswa, adakan saja pooling kepada mereka, mana pelajaran yang mereka sukai dan bermanfaat bagi mereka.
Dampak apa yang akan terjadi jika pelajaran komputer dihapuskan. Sudah pasti penguasaan teknologi siswa akan tidak terarah dan bahkan tidak berkembang. Dampak besarnya, jelas berpengaruh terhadap perkembangan bangsa dan negara.
Mau dihapus atau tidak, jawablah sendiri.

1 komentar:

  1. setuju gan memang harus belajar dari sd supaya ga ketinggalan jaman

    ReplyDelete