Smartphone dengan OS Mozilla Firefox
CNN. Barcelona. Hari Minggu Mozilla mengumumkan akan meluncurkan handset yang menjalankan operationg sistem baru (OS) yaitu OS Firefox Mobile.
Perusahaan nirlaba tersebut membuat pengumuman konferensi pers pada malam acara teknologi seluler terbesar dunia, Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol dengan slogan pemasaran baru "Unleash Fox".

Mozilla mengatakan akan bermitra dengan 18 operator jaringan dan empat produsen handset di seluruh dunia untuk meluncurkan handset dengan OS mobile open source. Diantaranya Alcatel, LG dan ZTE akan menjadi yang pertama dan Huawei yang mengikuti diakhir tahun, kata seorang jurubicaranya.
Perangkat lunak baru ini dibangun di atas standar Web terbuka dan mampu beroperasi pada perangkat yang jauh lebih canggih dibandingkan smartphone yang ada, kata perusahaan.
"Firefox OS akan memisahkan sekat antara aplikasi dan OS Firefox karena aplikasi dibangun menggunakan teknologi web juga, seperti HTML5," kata Jay Sullivan, senior vice president Mozilla produk.
"Kami berharap akan ada banyak aplikasi menakjubkan yang dibangun di OS Firefox sehingga lebih banyak juga pengembang sudah membuat untuk Web dibandingkan platform lainnya."
Pengembang akan bebas untuk membangun dan menjual aplikasi mobile untuk sistem operasi tanpa harus berbagi pendapatan dengan Apple atau Google.

0 komentar:

Post a Comment