Fenomena Serangan Cyber dari Indonesia

Menurut berita di Kompas.com, serangan cyber dari negara Indonesia menduduki peringkat ke 2 setelah China dan Amerika menduduki peringkat ke 3. Fenomena ini cukup menarik karena sebelumnya serangan-serangan cyber dari Indonesia tidak begitu tampak.

Menurut data pemerintah, serangan yang menyasar situs pemerintah juga semakin naik. Dimana serangan banyak berupa deface. Apalagi setelah seorang lulusan SMK berhasil mengobok-obok situs pemerintah, lonjakan serangan semakin meningkat yang tidak hanya menyerang dalam negeri tetapi juga luar negeri.
Fenomena ini patut mendapat perhatian dari pemerintah karena hal ini menunjukkan semakin melek-nya masyarakat akan IT. Terutama dikalangan anak muda yang semakin mudah belajar teknologi baik secara mandiri maupun lewat sekolah. Maka peran orang dewasa dan guru sangat diperlukan untuk mengarahkan talenta-talenta muda IT. Jika hal tersebut dilakukan bukan mustahil negara ini akan semakin maju. Namun sayang jika sebentar lagi pelajaran IT di sekolah-sekolah dasar dan menengah harus dihapuskan demi tuntutan perubahan kurikulum.
Data Serangan dari Akamai

0 komentar:

Post a Comment