Lomba Jurnalistik Tingkat SMP

Jakarta, Kemendikbud — Lomba Karya Jurnalistik Siswa (LKJS) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) kembali digelar. Lomba ini dilaksanakan secara terbuka bagi siswa SMP negeri dan swasta, SMP terbuka, dan SMP satu atap diseluruh Indonesia. Tema pelaksanaan lomba mengangkat tema “Kegiatan Jurnalistik Sebagai Upaya Mempercepat Pengembangan Karakter Siswa”.
Mengikuti lomba jurnalistik ini ketentuannya tidak sulit.
Ketentuan jumlah halaman buletin berjumlah 12 atau 16 halaman yang berisi berita, karangan khas (feature), dan opini. Hal terpenting yang tidak boleh dilupakan adalah tema yang diangkat diutamakan pendidikan karakter di sekolah masing-masing. Contohnya prestasi siswa dan guru, budaya membaca di sekolah, dan organisasi sekolah.
Proses seleksi naskah dibagi menjadi dua tahap. Pertama, naskah dinilai oleh dewan juri. Hasilnya adalah karya unggulan yang berhak maju ke tahap berikutnya sebagai finalis tingkat nasional. Kemudian tahap kedua, para finalis akan melakukan presentasi atas karya masing-masing di hadapan dewan juri. Para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa medali emas, perak, dan perunggu. Selain itu juga pemenang mendapatkan piagam dan perhargaan lainnya dari Kemendikbud.
Dengan adanya LKJS ini diharapkan para pemangku kepentingan Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, kepala sekolah, guru, dan Komite Sekolah dapat meningkatkan pembinaan jurnalistik siswa di sekolah.
Bagi siswa yang berminat, dapat mengirimkan karya jurnalistik tersebut dengan melampirkan:
  • surat pengantar kepala sekolah dan alamat lengkap sekolah, di antaranya nama sekolah, alamat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, e-mail, laman, telepon/ponsel, dan kode pos.
  • Karya tersebut diterima panitia paling lambat 31 Agustus 2015.

LKJS dapat dikirimkan ke panitia pusat LKJS SMP  Tahun 2015, Direktorat Pembinaan SMP, Ditjen Dikdas, Kemdikbud, Gedung E Kemendikbud Lantai 17, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta, 10270. Telepon (021) 5725683 dan faksimile (021) 57900459. (Billy Antoro/Seno Hartono),
Sumber: http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/3834

0 komentar:

Post a Comment