Berikut Standar Kompetensi Lulusan SMP Kelas 9. Setiap sekolah pasti berbeda SKL nya disesuaikan dengan lingkup sekolah masing-masing
Pendidikan Agama Katolik
Pendidikan Agama Katolik
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KEMAMPUAN
YANG DIUJI
|
1
|
Memahami dan menyadari bahwa
dirinya sebagai citra Allah, yang laki dan perempuan dengan segala kelebihan
dan keterbatasannya. (Kelas VII)
|
· Menjelaskan makna manusia sebagai citra Allah.
· Menyebutkan tugas manusia sebagai citra Allah.
· Menjelaskan mengapa Tuhan menciptakan manusia sebagai citra
Allah.
· Memberi penjelasan artinya pria dan wanita sederajat.
· Menyebutkan kelebihan dan kekurangan yang ada pada manusia serta
maknanya.
· Menjelaskan perbedaan manusia pria dan wanita secera rohani dan
jasmani.
|
2
|
Siswa
menyadari bahwa tumbuh dan kembang dirinya terjadi melalui keluarga dan
lingkungan sosial sekitarnya. (Kelas
VII)
|
· Menyebutkan ciri-ciri keluarga ideal, hambatan dalam membangun
keluarga serta perannya dalam pendidikan anak.
|
3
|
Memahami sikap Yesus yang
berjuang menegakkan nilai-nilai dasar kehidupan bersama, hingga siswa
terdorong untuk meneladaninya. (Kelas VIII)
|
· Menyebutkan sikap yang mendasari kepedulian terhadap sesama.
· Mampu mewujudkan rasa peduli (peka) terhadap sesamanya, terutama
mereka yang hidupnya tersisih dalam masyarakat.
· Menjelaskan makna pewartaan cinta Yesus yang tanpa pengkotakan.
|
4
|
Menyadari panggilan dan
perutusan murid Yesus, hingga diwujudkan dalam kehidupan keseharian. (Kelas VIII)
|
· Menyebutkan ciri-ciri cara hidup jemaat perdana (para Rasul).
· Menjelaskan mengapa panggilan murid Yesus masih berlangsung
hingga jaman sekarang?
· Menjelaskan bentuk perwujudan murid Yesus untuk dunia masa kini,
yang selaras dengan kondisinya sebagai siswa di sekolah.
|
5
|
Memahami bahwa Gereja adalah
sebagai tanda dan sarana keselamatan yang terwujud melalui ketujuh Sakramen. (Kelas VIII)
|
· Menyebutkan dan memberi penjelasan mengenai aspek-aspek Sakramen.
· Menjelaskan arti Sakramen sebagai tanda dan sarana keselamatan.
· Membuat pembagian Sakramen menurut kategorinya serta tujuan
masing-masing kategori.
· Menjelaskan arti Inisiasi berdaya gerak kedalam dan keluar.
· Menjelaskan arti, syarat, rumus, dasar, akibat serta materi
pembabtisan.
|
6
|
Memahami bahwa keselamatan yang
ditawarkan kepada semua orang perlu ditanggapi dengan agama dan iman. (Kelas IX)
|
· Mampu menjelaskan arti beragama dan beriman serta unsurnya masing-masing.
· Menjelaskan hubungan antara agama dengan iman.
· Mampu memberikan penjelasan bahwa keselamatan Allah ditawarkan
bagi semua orang.
|
7
|
Menyadari hak dan kewajiban
sebagai orang Kristiani yang dipanggil ikut bertanggungjawab dalam membangun
kehidupan bersama. (Kelas IX)
|
· Menjelaskan mengapa kebebasan perlu dilakukan secara
bertanggungjawab ?
· Menjelaskan pemahaman bahwa aturan adalah membebaskan.
|
8
|
Menyadari akan keluruhan
martabat manusia dan berusaha mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari. (Kelas IX)
|
· Menjelaskan sikap Yesus yang menjujung tinggi keluhuran martabat
manusia dengan memberikan contohnya.
· Menyebutkan contoh perendahan martabat manusia, sebab dan
akibatnya.
· Menyebutkan sikap dasar yang diperlukan demi pengembangan
martabat manusia.
|
9
|
Menyadari pentingnya keadilan
dan kejujuran sebagai nilau luhur yang perlu terwujud dalam hidup sehari-hari. (Kelas IX)
|
· Menjelaskan arti dan pemahaman kejujuran dan keadilan.
· Menyebutkan akibat dari tindakan tidak jujur.
· Menyebutkan bagaimana melatih dan memupuk tindakan jujur dalam
keseharian.
· Memberikan tanggapan yang bermutu atas ungkapan “jujur hancur,
tidak jujur makmur”
|
10
|
Menyadari dan menemukan
cita-cita sebagai arah hidup dimasa depan yang perlu dibangun selaras dengan
kehendak Tuhan sebagaimana terungkap dalam Sakramen Perkawinan dan Imamat. (Kelas IX)
|
· Menjelaskan arti perkawinan Katolik sebagai Sakramen.
· Menyebutkan cirri perkawinan monogami dan tak terceraikan.
· Menyebutkan syarat menjadi Imam/Pastor.
· Menyebutkan lambang dan makna yang dipakai pada Sakramen Imamat.
· Menyebutkan tata Liturgi Tahbisan Imamat.
|
11
|
Mamahami arti, fungsi, dan cara
membina suara hati. (Kelas IX)
|
· Menjelaskan arti suara hati/hati nurani
· Memahami fungsi suara hati/hati nurani
· Memahami suarahati perlu dipupuk/dibina dan mengerti cara
membina suara hati
· Mengerti suara hati sesat/tumpul
|
12
|
Memahami liturgi gereja, tanda
atau symbol dan warna liturgi. (Kelas IX)
|
· Memahami perayaan iman dalam Gereja
· Mengetahui perayaan Gereja dan masa biasa
· Memahami tanda/symbol dan warna liturgi.
|
Pendidikan Kewarganegaraan
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KEMAMPUAN
YANG DIUJI
|
1
|
Menampilkan
sikap positif terhadap perlindungan HAM.
|
·
Menguraikan hakikat hukum dan kelembagaan HAM.
·
Mendiskripsikan kasus pelanggaran HAM dan upaya penegakan HAM.
·
Menghargai upaya penegakkan
HAM.
|
2
|
Menampilkan
perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat.
|
·
Menjelaskan hakikat kemerdekaan mengemukakan pendapat.
·
Menguraiakan pentingnya kemerdekaan mengemukakan pendapat secara
bebas dan bertanggung jawab.
·
Mengaktualisasikan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara
bebas dan bertanggung jawab.
|
3
|
Menunjukkan
perilaku yang sesuai dengan nilai nilai Pancasila.
|
·
Menjelaskan Pancasila sebagai dasar Negara dan Ideologi Negara.
·
Menguraiakan Pancasila sebagai dasar Negara dan Ideologi Negara.
·
Menunjukkan sikap positif
terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
·
Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan
bermasyarakat.
|
4
|
Memahami
pelaksanaan Demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan.
|
·
Menjelaskan hakikat demokrasi.
·
Menjelaskan pentingnya kehidupan Demokrasi dalam bermasyarakat berbangsa dan bernergara.
·
Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam
berbagai kehidupan.
|
5
|
Memahami
kedaulatan Rakyat dalam berbagai system pemerintaan di Indonesia.
|
·
Menjelaskan makna Kedaulatan rakyat.
·
Mendiskripsikan sistem pemerintahan di Indonesia dan peran lembaga
Negara sebagai pelaksanaan kedaulatan rakyat.
·
Menunujukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem
pemerintahan Indonesia.
|
6
|
Menampilkan
partisipasi dalam usaha pembelaan Negara.
|
·
Menjelaskan pentingnya usaha pembelaan Negara.
·
Mengidentifikasi bentuk bentuk usaha pembelaan Negara.
·
Menampilkan peran serta dalam usaha pembelaan Negara.
|
7
|
Memahami
pelaksanaan Otonomi Daerah.
|
·
Mendiskripsikan
pengertian otonomi daerah.
·
Menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan
kebijakan publik.
|
8
|
Memahami
dampak globalisasi.
|
· Menjelaskan
pengertian dan pentingnya globalisasi
bagi Indonesia.
·
Mendiskripsikan
politik Luar Negeri dalam hubungan Internasional di era Globalisasi.
·
Mendiskripsikan
dampak Globalisasi terhadap kehidupan
bermasyarakat berbangsa dan
bernegara.
|
9
|
Menampilkan
prestasi diri sesuai dengan kemampuan demi demi keunggulan bangsa.
|
· Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa.
· Mengenal potensi diri untuk berprestasi sesuai dengan kemampuan.
· Menampilkan peran serta
dalam berbagai aktifitas dalam mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa.
|
Pendidikan Geografi
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KEMAMPUAN
YANG DIUJI
|
1
|
Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan
dampaknya terhadap kehidupan.
(VII/Ganjil)
|
· Menyebutkan bentuk muka bumi dari tenaga
endogen.
· Menjelaskan upaya pencegahan akibat yang ditimbulkan
dari tenaga endogen bagi kehidupan.
|
2
|
Menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan. (VII/Genap)
|
· Menentukan jenis peta.
· Menjelaskan manfaat peta.
|
3
|
Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya. (VIII/Genap)
|
·
Menentukan faktor-faktor pendorong kematian.
·
Menjelaskan faktor-faktor penghambat kelahiran.
|
4
|
Mendeskripsikan upaya pengendalian penyimpangan sosial. (VIII/Genap)
|
Mendeskripsikan jenis pengendalian penyimpangan sosial.
|
5
|
Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju. (IX/Ganjil)
|
Menentukan ciri-ciri negara maju.
|
6
|
Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya pada masyarakat. (IX/Ganjil)
|
Mendeskripsikan faktor-faktor pendorong perubahan sosial budaya.
|
7
|
Menginterpretasi peta tentang bentuk dan pola muka bumi.
(IX/Genap)
|
Menentukan bentuk muka bumi daratan.
|
8
|
Mendeskripsikan keterkaitan unsur-unsur geografis dan penduduk di kawasan Asia Tenggara. (IX/Genap)
|
Mengidentifikasi bentang alam kawasan Asia Tenggara.
|
9
|
Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera. (IX/Genap)
|
·
Mengidentifikasi
penduduk kawasan Benua Asia.
·
Mengidentifikasi
bentang alam kawasan Benua Afrika.
·
Mengidentifikasi
penduduk kawasan Benua Eropa.
·
Mengidentifikasi
bentang alam kawasan Benua Amerika.
·
Mengidentifikasi
penduduk kawasan Benua Australia.
·
Mengidentifikasi
bentang alam kawasan Benua Antartika.
|
Pendidikan Sejarah
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KEMAMPUAN
YANG DIUJI
|
1
|
Mendeskripsikan
kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia. (VII/Ganjil)
|
·
Menjelaskan
perkembangan zaman berdasarkan geologi.
·
Menyebut
dan menjelaskan jenis manusia purba.
|
2
|
Mendeskripsikan
perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Hindu-Budha,
serta peninggalan-peninggalannya. (VII/Genap)
|
·
Teori
masuknya agama dan kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia.
·
Kerajaan
Singhasari.
|
3
|
Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan
imperialisme barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya diberbagai daerah.
(VIII/Ganjil)
|
·
VOC
·
Thomas
Stamford Bingley Raffles
|
4
|
Mendeskripsikan
peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya Negara
Kesatuan Republik Indonesia. (VIII/Genap)
|
·
BPUPKI dan
PPKI
·
Peristiwa
Rengasdengklok
|
5
|
Mendeskripsikan
Perang dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap
keadaan sosial, ekonomi dan politik di Indonesia. (IX/Ganjil)
|
Mendeskripsikan latar belakang Perang Dunia II dan dampak bagi
bangsa Indonesia.
|
6
|
Mendeskripsikan
perjuangan bangsa Indonesia merebut Irian Barat. (IX/Genap)
|
Upaya yang ditempuh bangsa Indoneisa dalam merebut Irian Barat.
|
7
|
Mendeskripsikan
peristiwa tragedy nasional Peristiwa Madiun/PKI, DI/TII, G30S/PKI dan
konflik-konflik internal lainnya.
|
·
Latar
belakang komunisasi.
·
Pergolakan
diberbagai daerah.
·
Tokoh yang
terlibat.
|
Ekonomi
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KEMAMPUAN
YANG DIUJI
|
1
|
Kegiatan pokok ekonomi. (VII/Ganjil)
|
·
Menjelaskan 5 bidang produksi.
·
Menyebutkan faktoe yang mempengaruhi konsumsi.
·
Jenis konsumsi.
·
Menjelaskan jenis konsumsi.
|
2
|
Jenis kebutuhan. (VIII/Ganjil)
|
·
Mendeskripsikan penyebab dan cara mengatasi kelangkaan.
·
Mengidentifikasi jenis-jenis kebutuhan.
|
3
|
Pelaku ekonomi. (VIII/Ganjil)
|
·
Menjelaskan siklus pelaku ekonomi.
|
4
|
Pasar. (VIII/Ganjil)
|
·
Mengidentifikasi jenis pasar.
|
5
|
Seistem perekonomian. (VIII/Genap)
|
·
Mengidentifikasi ciri-ciri sistem ekonomi
kapitalis/liberalis/pasar bebas.
·
Menidentifikasi ciri-ciri sistem ekonomi
sosialis/komando/komunis.
·
Mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan sistem ekonomi.
|
6
|
Pajak. (VIII/Genap)
|
·
Mengidentifikasi perbedaan pajak dan retribusi.
·
Mengidentifikasi contoh pajak berdasar kewenangan pemungutnya.
|
7
|
Uang dan Lembaga Keuangan. (IX/Ganjil)
|
·
Fungsi uang
·
Nilai uang
·
Fungsi bank
·
Kurs jual dan kurs beli
|
8
|
Perdaganagn Internasional. (IX/Ganjil)
|
·
Faktor
pendorong PI.
·
Devaluasi
dan revaluasi.
|
9
|
Kerjasa,a Ekonomi Internasional. (IX/Genap)
|
·
Mengidentifikasi
tujuan ASEAN, AFTA dan APEC.
·
Mengidentifikasi
tujuan IMF, IBRD dan WTO.
·
Mengidentifikasi
tujuan OPEC dan IGGI.
·
Mengidentifikasi
dampak positif dan negative KEI.
|
Pendidikan Jasmani
NO
|
KOMPETENSI
|
KEMAMPUAN
YANG DIUJI
|
1
|
Mempratekkan teknik dasar atletik serta nilai toleransi,percaya
diri,keberanian,menjaga keselamatan diri dan orang lain,bersedia berbagi
tempat dan peralatan.
|
Teknik melakukan start lari
|
2
|
Mempratekkan teknik dasar atletik serta nilai toleransi,percaya
diri,keberanian,menjaga keselamatan diri dan orang lain,bersedia berbagi
tempat dan peralatan.
|
Teknik melakukan lompat jauh
|
3
|
Mempratekkan
variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu
bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama,
toleransi,percaya diri, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan
peralatan (bola voli).
|
Menentukan cara-cara melakukan servis
|
4
|
Mempratekkan
variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu
bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama,
toleransi,percaya diri, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan
peralatan (bola voli).
|
Menerapkan pola permainan dalam bola voli
|
5
|
Mempratekkan
variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu
bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama,
toleransi,percaya diri, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan
peralatan (sepak bola).
|
Istilah dalam permainan sepak bola
|
6
|
Mempratekkan
variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu
bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama,
toleransi,percaya diri, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan
peralatan (sepak bola).
|
Teknik lemparan ke dalam
|
7
|
Mempratekkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu
permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik
serta nilai kerjasama, toleransi,percaya diri, menghargai lawan, bersedia
berbagi tempat dan peralatan (sepak bola).
|
Menentukan juara pada kompetisi sepak bola
|
8
|
Mempratekkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu
permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik
serta nilai kerjasama, toleransi,percaya diri, menghargai lawan, bersedia
berbagi tempat dan peralatan (basket).
|
Petugas pelaksana pada pertandingan bola
basket
|
9
|
Mempraktekkan penyelamatan dan P3K terhadap
jenis luka serta nilai kerjasama, tanggung jawab, dan tenggang rasa.
|
Pokok-pokok P3K
|
10
|
Mempratekkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu
permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik
serta nilai kerjasama, toleransi,percaya diri, menghargai lawan, bersedia
berbagi tempat dan peralatan (basket).
|
Gambar lapangan bola basket
|
Pendidikan Seni Budaya
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KEMAMPUAN
YANG DIUJI
|
1
|
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan
teknik seni rupa murni daerah setempat.
|
· Menjelaskan definisi seni.
· Menjelaskan definisi seni rupa murni.
· Menyebutkan wujud dimensi seni.
· Mengidentifikasi dimensi karya seni.
· Mengidentifikasi tema karya seni murni
· Menyebutkan ragam seni (murni dan terapan).
· Mengidentifikasi karya seni murni.
· Menyebutkan pengertian apresiasasi.
· Menyebutkan tujuan apresiasi.
· Mengidentifikasi jenis-jenis apresiasi.
· Menyebutkan teknik melukis.
|
2
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa murni yang
dikembangkan dari beragam unsure seni rupa Nusantara dan Mancanegara.
|
· Mengidentifikasi aliran lukis.
· Menyebutkan tokoh-tokoh lukis Indonesia.
· Menyebutkan corak patung.
· Menyebutkan tokoh-tokoh patung Indonesia.
· Menyebutkan teknik patung.
· Mengidentifikasi jenis-jenis seni grafis.
· Mengidentifikasi teknik seni grafis.
· Mengidentifikasi seni ukir.
· Mengidentifikasi seni instalasi.
· Mengidentifikasi prinsip seni.
· Menjelaskan pengertian pameran.
· Menyebutkan prinsip pameran.
· Mengidentifikasi properti pameran.
· Mengklasifikasikan jenis seni.
· Menyebutkan contoh seni murni dan terapan.
· Mengapresiasi ragam karya seni murni di Indonesia dan
Mancanegara.
· Membuat desain ragam karya seni murni di Indonesia dan
Mancanegara yang dikembangkan dari unsur dan prinsip seni.
|
Pendidikan Bahasa Daerah
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
1
|
Mengapresiasi drama yang diperdengarkan. (IX/Ganjil)
|
Menemukan isi
pesan dari drama.
|
· Unsur-unsur
intrinsic drama.
· Memahami isi
dan pesan drama.
|
2
|
Diskusi
kanthi nyampekake argumentasi. (VIII/Genap)
|
Diskusi kanthi
nggatekake prinsip-prinsip diskusi lan etika.
|
· Pelaku-pelaku
diskusi.
· Tugas-tugas
pelaku diskusi.
|
3
|
Berbicara
Mengungkapkan
pikiran, informasi dan gagasan. (IX/Ganjil)
|
Berpidato untuk
berbagai keperluan.
|
· Berpidato
· Cara menulis
pidato.
· Jenis-jenis
pidato.
|
4
|
Membaca
Memahami wacana berhuruf latin/jawa dengan teknik
membaca cepat sastra. (IX/Genap)
|
Menemukan
gagasan utama wacana berhuruf latin dengan membaca cepat 150 kara per menit.
|
· Memahami isi
bacaan “Trisirah” berhuruf latin dan Jawa.
· Menemukan ide
poko bacaan.
|
5
|
Mendengarkan
Mengapresiasi
cerita wayang. (IX/Genap)
|
Menemukan isi
cerita wayang.
|
· Wayang
· Macam-macam
wayang.
· Unsur-unsur
wayang.
|
6
|
Berbicara
Menceritakan
pengalaman pribadi dan tokoh yang diidolakan. (VII/Ganjil)
|
Menceritakan
pengalaman pribadi.
|
· Cara
menceritakan pengalaman pribadi yang mengesankan.
|
7
|
Ngapresiasi
geguritan yang diperdengarkan. (VIII/Ganjil)
|
Mendengarkan
inti puisi yang diperdengarkan.
|
· Puisi
· Aturan
penulisan puisi.
· Cara membaca
puisi.
|
8
|
Menulis
Menulis
surat pribadi. (VIII/Genap)
|
Menulis surat
pribadi dengan menggunakan ragam Bahasa Jawa yang baik dan benar.
|
· Macam-macam
surat.
|
9
|
Menulis
Mengungkapkan
perasaan, pikiran dan gagasan/informasi dalam bentuk tembang. (IX/Ganjil)
|
Membuat tembang
macapat sesuai dengan kaidah.
|
· Cara menulis
tembang macapat.
· Memahami isi
dan pesan tembang macapat.
|