Standar Kompetensi Lulusan SMP Kelas 9 Lengkap

Berikut Standar Kompetensi Lulusan SMP Kelas 9. Setiap sekolah pasti berbeda SKL nya disesuaikan dengan lingkup sekolah masing-masing





Pendidikan Agama Katolik

NO
STANDAR KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG DIUJI
1
Memahami dan menyadari bahwa dirinya sebagai citra Allah, yang laki dan perempuan dengan segala kelebihan dan keterbatasannya.  (Kelas VII)
·       Menjelaskan makna manusia sebagai citra Allah.
·       Menyebutkan tugas manusia sebagai citra Allah.
·       Menjelaskan mengapa Tuhan menciptakan manusia sebagai citra Allah.
·       Memberi penjelasan artinya pria dan wanita sederajat.
·       Menyebutkan kelebihan dan kekurangan yang ada pada manusia serta maknanya.
·       Menjelaskan perbedaan manusia pria dan wanita secera rohani dan jasmani.
2
Siswa menyadari bahwa tumbuh dan kembang dirinya terjadi melalui keluarga dan lingkungan sosial sekitarnya.  (Kelas VII)
·       Menyebutkan ciri-ciri keluarga ideal, hambatan dalam membangun keluarga serta perannya dalam pendidikan anak.
3
Memahami sikap Yesus yang berjuang menegakkan nilai-nilai dasar kehidupan bersama, hingga siswa terdorong untuk meneladaninya. (Kelas VIII)
·       Menyebutkan sikap yang mendasari kepedulian terhadap sesama.
·       Mampu mewujudkan rasa peduli (peka) terhadap sesamanya, terutama mereka yang hidupnya tersisih dalam masyarakat.
·       Menjelaskan makna pewartaan cinta Yesus yang tanpa pengkotakan.
4
Menyadari panggilan dan perutusan murid Yesus, hingga diwujudkan dalam kehidupan keseharian.  (Kelas VIII)
·       Menyebutkan ciri-ciri cara hidup jemaat perdana (para Rasul).
·       Menjelaskan mengapa panggilan murid Yesus masih berlangsung hingga jaman sekarang?
·       Menjelaskan bentuk perwujudan murid Yesus untuk dunia masa kini, yang selaras dengan kondisinya sebagai siswa di sekolah.
5
Memahami bahwa Gereja adalah sebagai tanda dan sarana keselamatan yang terwujud melalui ketujuh Sakramen.  (Kelas VIII)
·       Menyebutkan dan memberi penjelasan mengenai aspek-aspek Sakramen.
·       Menjelaskan arti Sakramen sebagai tanda dan sarana keselamatan.
·       Membuat pembagian Sakramen menurut kategorinya serta tujuan masing-masing kategori.
·       Menjelaskan arti Inisiasi berdaya gerak kedalam dan keluar.
·       Menjelaskan arti, syarat, rumus, dasar, akibat serta materi pembabtisan.
6
Memahami bahwa keselamatan yang ditawarkan kepada semua orang perlu ditanggapi dengan agama dan iman.  (Kelas IX)
·       Mampu menjelaskan arti beragama dan beriman serta unsurnya masing-masing.

·       Menjelaskan hubungan antara agama dengan iman.
·       Mampu memberikan penjelasan bahwa keselamatan Allah ditawarkan bagi semua orang.
7
Menyadari hak dan kewajiban sebagai orang Kristiani yang dipanggil ikut bertanggungjawab dalam membangun kehidupan bersama.  (Kelas IX)
·       Menjelaskan mengapa kebebasan perlu dilakukan secara bertanggungjawab ?
·       Menjelaskan pemahaman bahwa aturan adalah membebaskan.
8
Menyadari akan keluruhan martabat manusia dan berusaha mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.  (Kelas IX)
·       Menjelaskan sikap Yesus yang menjujung tinggi keluhuran martabat manusia dengan memberikan contohnya.
·       Menyebutkan contoh perendahan martabat manusia, sebab dan akibatnya.
·       Menyebutkan sikap dasar yang diperlukan demi pengembangan martabat manusia.
9
Menyadari pentingnya keadilan dan kejujuran sebagai nilau luhur yang perlu terwujud dalam hidup sehari-hari.  (Kelas IX)
·       Menjelaskan arti dan pemahaman kejujuran dan keadilan.
·       Menyebutkan akibat dari tindakan tidak jujur.
·       Menyebutkan bagaimana melatih dan memupuk tindakan jujur dalam keseharian.
·       Memberikan tanggapan yang bermutu atas ungkapan “jujur hancur, tidak jujur makmur”
10
Menyadari dan menemukan cita-cita sebagai arah hidup dimasa depan yang perlu dibangun selaras dengan kehendak Tuhan sebagaimana terungkap dalam Sakramen Perkawinan dan Imamat.  (Kelas IX)
·       Menjelaskan arti perkawinan Katolik sebagai Sakramen.
·       Menyebutkan cirri perkawinan monogami dan tak terceraikan.
·       Menyebutkan syarat menjadi Imam/Pastor.
·       Menyebutkan lambang dan makna yang dipakai pada Sakramen Imamat.
·       Menyebutkan tata Liturgi Tahbisan Imamat.
11
Mamahami arti, fungsi, dan cara membina suara hati. (Kelas IX)
·       Menjelaskan arti suara hati/hati nurani
·       Memahami fungsi suara hati/hati nurani
·       Memahami suarahati perlu dipupuk/dibina dan mengerti cara membina suara hati
·       Mengerti suara hati sesat/tumpul
12
Memahami liturgi gereja, tanda atau symbol dan warna liturgi. (Kelas IX)
·       Memahami perayaan iman dalam Gereja
·       Mengetahui perayaan Gereja dan masa biasa
·       Memahami tanda/symbol dan warna liturgi.


Pendidikan Kewarganegaraan

NO
STANDAR KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG DIUJI
1
Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan HAM.
·       Menguraikan hakikat hukum dan kelembagaan HAM.
·       Mendiskripsikan kasus pelanggaran HAM dan upaya penegakan HAM.
·       Menghargai upaya penegakkan  HAM.
2
Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat.
·       Menjelaskan hakikat kemerdekaan mengemukakan pendapat.
·       Menguraiakan pentingnya kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab.
·       Mengaktualisasikan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas  dan bertanggung jawab.
3
Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan nilai nilai Pancasila.
·       Menjelaskan Pancasila sebagai dasar Negara  dan Ideologi Negara.
·       Menguraiakan Pancasila sebagai dasar Negara dan Ideologi Negara.
·       Menunjukkan  sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
·       Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.
4
Memahami pelaksanaan Demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan.
·       Menjelaskan hakikat demokrasi.
·       Menjelaskan pentingnya kehidupan Demokrasi dalam  bermasyarakat berbangsa dan bernergara.
·       Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan.
5
Memahami kedaulatan Rakyat dalam berbagai system pemerintaan di Indonesia.
·       Menjelaskan makna Kedaulatan rakyat.
·       Mendiskripsikan sistem pemerintahan di Indonesia dan peran lembaga Negara sebagai pelaksanaan kedaulatan rakyat.
·       Menunujukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia.
6
Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan Negara.
·       Menjelaskan pentingnya usaha pembelaan Negara.
·       Mengidentifikasi bentuk bentuk usaha pembelaan Negara.
·       Menampilkan peran serta dalam usaha pembelaan Negara.
7
Memahami pelaksanaan Otonomi Daerah.
·       Mendiskripsikan  pengertian otonomi daerah.
·       Menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik.
8
Memahami dampak globalisasi.
·       Menjelaskan pengertian dan pentingnya globalisasi  bagi Indonesia.
·       Mendiskripsikan politik Luar Negeri dalam hubungan Internasional  di era Globalisasi.
·       Mendiskripsikan dampak Globalisasi terhadap kehidupan  bermasyarakat  berbangsa dan bernegara.
9
Menampilkan prestasi diri sesuai dengan kemampuan demi demi keunggulan bangsa.
·       Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa.
·       Mengenal potensi diri untuk berprestasi sesuai dengan kemampuan.
·       Menampilkan  peran serta dalam berbagai aktifitas dalam mewujudkan prestasi diri sesuai  kemampuan demi keunggulan bangsa.
Pendidikan Geografi

NO
STANDAR KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG DIUJI
1
Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.  (VII/Ganjil)
·    Menyebutkan bentuk muka bumi dari tenaga endogen.
·    Menjelaskan upaya pencegahan akibat yang ditimbulkan dari tenaga endogen bagi kehidupan.

2
Menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan.  (VII/Genap)
·    Menentukan jenis peta.
·    Menjelaskan manfaat peta.
3
Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya. (VIII/Genap)
·    Menentukan faktor-faktor pendorong kematian.
·    Menjelaskan faktor-faktor penghambat kelahiran.
4
Mendeskripsikan upaya pengendalian penyimpangan sosial. (VIII/Genap)
Mendeskripsikan jenis pengendalian penyimpangan sosial.
5
Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju.  (IX/Ganjil)
Menentukan ciri-ciri negara maju.
6
Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya pada masyarakat.  (IX/Ganjil)
Mendeskripsikan faktor-faktor pendorong perubahan sosial budaya.
7
Menginterpretasi peta tentang bentuk dan pola  muka bumi.  (IX/Genap)
Menentukan  bentuk muka bumi daratan.
8
Mendeskripsikan keterkaitan unsur-unsur geografis dan  penduduk di kawasan Asia Tenggara.  (IX/Genap)
Mengidentifikasi bentang alam kawasan Asia Tenggara.
9
Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera.  (IX/Genap)

·       Mengidentifikasi penduduk kawasan Benua Asia.
·       Mengidentifikasi bentang alam kawasan Benua Afrika.
·       Mengidentifikasi penduduk kawasan Benua Eropa.

·       Mengidentifikasi bentang alam kawasan Benua Amerika.
·       Mengidentifikasi penduduk kawasan Benua Australia.
·       Mengidentifikasi bentang alam kawasan Benua Antartika.
Pendidikan Sejarah

NO
STANDAR KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG DIUJI
1
Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia. (VII/Ganjil)
·       Menjelaskan perkembangan zaman berdasarkan geologi.
·       Menyebut dan menjelaskan jenis manusia purba.
2
Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Hindu-Budha, serta peninggalan-peninggalannya. (VII/Genap)
·       Teori masuknya agama dan kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia.
·       Kerajaan Singhasari.
3
Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya diberbagai daerah. (VIII/Ganjil)
·       VOC
·       Thomas Stamford Bingley Raffles
4
Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. (VIII/Genap)
·       BPUPKI dan PPKI
·       Peristiwa Rengasdengklok
5
Mendeskripsikan Perang dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi dan politik di Indonesia. (IX/Ganjil)
Mendeskripsikan latar belakang Perang Dunia II dan dampak bagi bangsa Indonesia.
6
Mendeskripsikan perjuangan bangsa Indonesia merebut Irian Barat. (IX/Genap)
Upaya yang ditempuh bangsa Indoneisa dalam merebut Irian Barat.
7
Mendeskripsikan peristiwa tragedy nasional Peristiwa Madiun/PKI, DI/TII, G30S/PKI dan konflik-konflik internal lainnya.
·       Latar belakang komunisasi.
·       Pergolakan diberbagai daerah.
·       Tokoh yang terlibat.
Ekonomi

NO
STANDAR KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG DIUJI
1
Kegiatan pokok ekonomi. (VII/Ganjil)
·       Menjelaskan 5 bidang produksi.
·       Menyebutkan faktoe yang mempengaruhi konsumsi.
·       Jenis konsumsi.
·       Menjelaskan jenis konsumsi.
2
Jenis kebutuhan. (VIII/Ganjil)
·       Mendeskripsikan penyebab dan cara mengatasi kelangkaan.
·       Mengidentifikasi jenis-jenis kebutuhan.
3
Pelaku ekonomi. (VIII/Ganjil)
·       Menjelaskan siklus pelaku ekonomi.
4
Pasar. (VIII/Ganjil)
·       Mengidentifikasi jenis pasar.
5
Seistem perekonomian. (VIII/Genap)
·       Mengidentifikasi ciri-ciri sistem ekonomi kapitalis/liberalis/pasar bebas.
·       Menidentifikasi ciri-ciri sistem ekonomi sosialis/komando/komunis.

·       Mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan sistem ekonomi.
6
Pajak. (VIII/Genap)
·       Mengidentifikasi perbedaan pajak dan retribusi.
·       Mengidentifikasi contoh pajak berdasar kewenangan pemungutnya.
7
Uang dan Lembaga Keuangan. (IX/Ganjil)
·       Fungsi uang
·       Nilai uang
·       Fungsi bank
·       Kurs jual dan kurs beli
8
Perdaganagn Internasional. (IX/Ganjil)
·       Faktor pendorong PI.
·       Devaluasi dan revaluasi.
9
Kerjasa,a Ekonomi Internasional. (IX/Genap)
·       Mengidentifikasi tujuan ASEAN, AFTA dan APEC.
·       Mengidentifikasi tujuan IMF, IBRD dan WTO.
·       Mengidentifikasi tujuan OPEC dan IGGI.
·       Mengidentifikasi dampak positif dan negative KEI.
Pendidikan Jasmani

NO
KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG DIUJI
1
Mempratekkan teknik dasar atletik serta nilai toleransi,percaya diri,keberanian,menjaga keselamatan diri dan orang lain,bersedia berbagi tempat dan peralatan.
Teknik melakukan start lari
2
Mempratekkan teknik dasar atletik serta nilai toleransi,percaya diri,keberanian,menjaga keselamatan diri dan orang lain,bersedia berbagi tempat dan peralatan.
Teknik melakukan lompat jauh
3
Mempratekkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi,percaya diri, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan (bola voli).
Menentukan cara-cara melakukan servis
4
Mempratekkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi,percaya diri, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan (bola voli).
Menerapkan pola permainan dalam bola voli
5
Mempratekkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi,percaya diri, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan (sepak bola).

Istilah dalam permainan sepak bola
6
Mempratekkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi,percaya diri, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan (sepak bola).
Teknik lemparan ke dalam
7
Mempratekkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi,percaya diri, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan (sepak bola).
Menentukan juara pada kompetisi sepak bola
8
Mempratekkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi,percaya diri, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan (basket).
Petugas pelaksana pada pertandingan bola basket
9
Mempraktekkan penyelamatan dan P3K terhadap jenis luka serta nilai kerjasama, tanggung jawab, dan tenggang rasa.
Pokok-pokok P3K
10
Mempratekkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi,percaya diri, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan (basket).
Gambar lapangan bola basket
Pendidikan Seni Budaya

NO
STANDAR KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG DIUJI
1
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa murni daerah setempat.
·       Menjelaskan definisi seni.
·       Menjelaskan definisi seni rupa murni.
·       Menyebutkan wujud dimensi seni.
·       Mengidentifikasi dimensi karya seni.
·       Mengidentifikasi tema karya seni murni
·       Menyebutkan ragam seni (murni dan terapan).
·       Mengidentifikasi karya seni murni.
·       Menyebutkan pengertian apresiasasi.
·       Menyebutkan tujuan apresiasi.
·       Mengidentifikasi jenis-jenis apresiasi.
·       Menyebutkan teknik melukis.
2
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa murni yang dikembangkan dari beragam unsure seni rupa Nusantara dan Mancanegara.
·       Mengidentifikasi aliran lukis.
·       Menyebutkan tokoh-tokoh lukis Indonesia.
·       Menyebutkan corak patung.
·       Menyebutkan tokoh-tokoh patung Indonesia.
·       Menyebutkan teknik patung.
·       Mengidentifikasi jenis-jenis seni grafis.
·       Mengidentifikasi teknik seni grafis.
·       Mengidentifikasi seni ukir.
·       Mengidentifikasi seni instalasi.
·       Mengidentifikasi prinsip seni.
·       Menjelaskan pengertian pameran.
·       Menyebutkan prinsip pameran.
·       Mengidentifikasi properti pameran.
·       Mengklasifikasikan jenis seni.
·       Menyebutkan contoh seni murni dan terapan.
·       Mengapresiasi ragam karya seni murni di Indonesia dan Mancanegara.
·       Membuat desain ragam karya seni murni di Indonesia dan Mancanegara yang dikembangkan dari unsur dan prinsip seni.

Pendidikan Bahasa Daerah

NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
1
Mengapresiasi drama yang diperdengarkan. (IX/Ganjil)
Menemukan isi pesan dari drama.

·       Unsur-unsur intrinsic drama.
·       Memahami isi dan pesan drama.
2
Diskusi kanthi nyampekake argumentasi. (VIII/Genap)
Diskusi kanthi nggatekake prinsip-prinsip diskusi lan etika.
·       Pelaku-pelaku diskusi.
·       Tugas-tugas pelaku diskusi.
3
Berbicara
Mengungkapkan pikiran, informasi dan gagasan. (IX/Ganjil)
Berpidato untuk berbagai keperluan.
·       Berpidato
·       Cara menulis pidato.
·       Jenis-jenis pidato.
4
Membaca
Memahami wacana berhuruf latin/jawa dengan teknik membaca cepat sastra. (IX/Genap)
Menemukan gagasan utama wacana berhuruf latin dengan membaca cepat 150 kara per menit.
·       Memahami isi bacaan “Trisirah” berhuruf latin dan Jawa.
·       Menemukan ide poko bacaan.
5
Mendengarkan
Mengapresiasi cerita wayang. (IX/Genap)
Menemukan isi cerita wayang.
·       Wayang
·       Macam-macam wayang.
·       Unsur-unsur wayang.
6
Berbicara
Menceritakan pengalaman pribadi dan tokoh yang diidolakan. (VII/Ganjil)
Menceritakan pengalaman pribadi.

·       Cara menceritakan pengalaman pribadi yang mengesankan.
7
Ngapresiasi geguritan yang diperdengarkan. (VIII/Ganjil)
Mendengarkan inti puisi yang diperdengarkan.
·       Puisi
·       Aturan penulisan puisi.
·       Cara membaca puisi.
8
Menulis
Menulis surat pribadi. (VIII/Genap)
Menulis surat pribadi dengan menggunakan ragam Bahasa Jawa yang baik dan benar.
·       Macam-macam surat.
9
Menulis
Mengungkapkan perasaan, pikiran dan gagasan/informasi dalam bentuk tembang. (IX/Ganjil)
Membuat tembang macapat sesuai dengan kaidah.
·       Cara menulis tembang macapat.
·       Memahami isi dan pesan tembang macapat.

Post a Comment

Terima kasih atas komennya

Previous Post Next Post