Mengawasi Anak Dengan i-Phone

source: www.yax.mx
Pada era digital seperti sekarang membuat orang tua was-was-kwatir terhadap perkembangan anak. Pengaruh positif dan negatif bagi anak, terlebih pada usia perkembangan sangat tergantung dari peran pendampingan orang tua. Oleh karena itu orang tua dituntut 'melek teknologi'.

Pengalaman penulis saat berbincang dengan orang tua siswa SMP, mereka amat kuatir dengan perkembangan digital terlebih media internet. Anak-anak dengan mudah mengakses internet dari gadget mereka. Berbagai macam aplikasi dapat mereka download secara gratis namun sayang terdapat aplikasi-aplikasi berkonten dewasa juga berseliweran disana. Selain itu anak juga dapat pergi warung internet dengan alasan mengerjakan tugas atau bermain dengan teman-temannya.
Salah seorang orang tua memiliki tips bagaimana mengawasi keberadaan anak-anaknya. Antara lain dengan tegas orang tua menolak keiinganan anak mendapatkan gadget Android tapi malah membelikan gadget iPhone. Bukan alasan karena mahal atau gengsi tapi melihat dari segi keamanan dan pengawasan terhadap anak. Tidak menjadi masalah bagi orang tua harus membeli tipe lama atau bekas. Baginya adalah melihat dari manfaat yang diperolehnya.
Salah satu yang menjadi alasan adalah adanya aplikasi Find My i-Phone. Aplikasi ini dapat melihat keberadaan dua anaknya dan istrinya. Sebenarnya merupakan aplikasi lama yang sering digunakan untuk melacak keberadaan handphone ketika dicuri. Saat itu ditunjukkan pada penulis bagaimana dia menggunakan aplikasi Find My iPhone, saat itu muncul tampilan Google Map dengan 3 user iPhone yang berbentuk 3 gambar handphoe. Kemudian orang tua tersebut mengatakan "aman semua anak saya masih dirumah", kalau gambar salah satu handphone bergerak keluar maka saya akan menelpon dan akan menanyakan "mau kemana". Di akhir pembicaraan orang tua tadi mengatakan tentu penggunaan aplikasi tadi bermaksud mengekang sang anak tapi menjelaskan bagaimana orang tua memiliki perhatian pada perkembangannya.

source: apple.com, yax.mx

0 komentar:

Post a Comment