Siswa Meninggal Akibat LPG Meledak

Satu lagi murid kami berpulang ke rahmat Ilahi Muhammad Beta. Siswa kelas 7E SMPK Santa Maria II sejak 1 bulan opname karena luka bakar akibat tabung LPG bocor dan meledak. Sekolah sangat kehilangan sosok Muhammad Beta dan kami berdoa agar dia segera dituntun Tuhan menuju kerajaanNya. Sekarang yang menjadi pertanyaan, Mengapa banyak tabung LPG yang meledak terutama yang ukuran 3 kg. Apakah keteledoran pemakai atau memang desain tabung yang asal-asalan. Ada isu yang mengatakan memang desain tabung LPG dibuat asal-asalan karena proyek pengadaan yang besar-besaran saat konversi dari minyak tanah menjadi LPG. Yang lebih mengherankan lagi setelah banyak kejadian meledaknya tabung LPG dan merenggut nyawa tidak ada statement apapun dari pihak pembuat tabung LPG. Apalagi pemerintah sebagai lembaga yang memutuskan konversi tersebut tidak juga mengeluarkan kebijakan apa-apa terkait kasus-kasus meledaknya LPG. Pihak-pihak tersebut mestinya malu karena masyarakat bertindak lebih preventif dengan membeli pengaman regulator LPG yang dibuat pengusaha-pengusaha kecil. Saya sendiri pernah mengalami 2 kali kejadian tabung LPG 3 kg bocor. Pertama Saat membeli LPG 3 kg regulator tidak dapat menancap dengan baik karena kondisi lingkaran besi disamping regulator bengkok kedalam. Akibatnya besoknya saat hendak memasak LPG sudah habis. Kedua Kasus yang sama hanya saja saya sempat menyadari bunyi desisan LPG keluar dari regulator. Suara desisan tersebut terdengar saat malam hari saat lingkungan sudah sunyi. Yang mengherankan gas LPG yang sekarang tidak berbau menyengat sehingga kita tidak bisa menyadari kebocoran. Sedikit tips untuk mengamankan tabung dari kebocoran:
  • Belilah pengaman regulator dengan memilih yang kuat dan kokoh saat dipakai untuk mengencangkan regulator.
  • Jika membeli LPG jangan pilih lingkaran (diameter) disamping regulator yang bengkok ke dalam. Hal ini sering terjadi karena pengangkutan, tabung sering terbentur.
  • Periksalah secara berkala selang karet, karena beberapa bahan karet mudah retak-retak setelah dipakai sekian lama.
  • Letakan tabung pada pada posisi lantai yang tinggi karena masa jenis gas lebih berat dari udara sehigga gas bisa mengalir
  • Usahakan ada sirkulasi udara di dekat tabung LPG.

0 komentar:

Post a Comment