Pengumuman Uji Kompetensi

Tanggal 25 Februari 2012 Uji Kompetensi dilaksanakan serempak secara nasional. Aku sendiri ikut sebagai salah satu peserta. Sebagai peserta sertifikasi tahun 2012 wajib mengikuti uji kompetensi atau bisa disebut sebagai pra-test sebelum menjalani pelatihan pendidikan bagi guru. Proses sertifikasi dari awal hingga sekarang mengalami perubahan. Pemerintah mencari formula yang tepat bagi guru yang akan mendapat tunjangan profesi untuk menghindari kecurangan-kecurangan yang dilakukan oknum guru.

Dari awal guru hanya mengumpulkan portofolio yang harus dicek oleh panitia sertifikasi. Memang banyak ditemukan kecurangan-kecurangan. Formula yang dilaksanakan kemudian adalah pelatihan pendidikan bagi guru selama 10 hari yang pada akhir pelatihan diadakan test. Walau begitu masih banyak guru yang tidak berhasil dan harus mengulang.
Formula yang berikut adalah Uji Kompetensi. Wacana Uji kompetensi sendiri mendapat kritik dan protes dari kalangan guru. Bagi guru-guru senior, uji kompetensi sangat memberatkan. Maka lewat PGRI guru menyuarakan protes. Tetapi pemerintah tetap melaksanakannya karena uji kompetensi dianggap dapat menjadikan guru mau belajar lagi, me-refresh kembali wawasan kependidikannya.
Namun demikian Pemerintah melalui Kemendiknas masih pro guru dengan menyediakan kisi-kisi soal uji kompetensi.
Aku sendiri donlot mata pelajaran kisi TIK dari situs resmi Kemendiknas. Termasuk agak teledor juga sih, aku cuma belajar yang berkaitan dengan teori-teori kependidikan dan undang-undang kependidikan. Untuk TIK tidak aku pelajari. Aku pikir mudah banget. TApi ternyata saat uji kompentensi banyak soal bidang studi, seperti MS.Word 2003, MS Excel 2003, LAN, internet. Wah beberapa soal MS. Word bingung juga, seperti icon clip art, border shadding. Biasa pake Word 2007-2010 jadi bingung nih. Dari 80 soal sepertinya cuma 40-50 nomor. Hm moga-moga aja hasil kerjaanku sukses, biar bisa ikut pelatihan atau PLPG.
Trus kapan ya pengumumannya. Menurut ocehan di internet si sekitar pertengahan Maret. Pasti teman-teman guru deg-degan menunggu hasilnya.
Doaku smoga semua teman-teman guru berhasil dalam uji kompetensi dan siap untuk tahap PLPG.
Tentuny makin profesional dalam mendidik generasi bangsa.. Ameeeeen Coy...

1 komentar: