Menyelamatkan Hardisk Terformat


Hardisk terformat? Jangan panik! Banyak kok jasa-jasa pengembalian data yang hilang akibat terformat, terhapus atau terpartisi. Kalau minim dana bisa kok mengerjakan sendiri. Tinggal browsing kerjakan...selesai dah.
Pengalaman penulis saat diminta tolong teman yang kehilangan data pada hardisk ekternal yang pertaman dilakukan adalah menanangkan hatinya karena kalau orang lagi stress bisa kena yang lain-lain...heheh.
Hardisk eksternal tersebut terformat ketika akan melihat film pada decoder Indovision. Saat hardisk ditancapkan muncul perintah untuk diformat. Karena kwatir hardisk langsung dicabut dan dicoba pada laptop ternyata data sudah hilang semua maka beliau langsung menancapkan kembali pada decoder Indovision untuk melanjutkan penformatan
Data pada hardisk eksternalnya berisi data-data perusahaan dan foto-video anaknya dari mulai bayi sehingga beliau berusaha keras untuk dapat mengembalikan. Kebetulan istrinya punya nomor WA penulis, kebetulan penulis juga langganan servis komputer/laptop/jaringan di kantornya.
Penulis menggunakan 2 program recovery yaitu Pandora Recovery dan Easeus Data Recovery. Waktu yang dibutuhkan tergantung besar kecil data pada hardisk eksternal. Penulis sendiri untuk mengembalikan data hardisk eksternal Seagate kapasiatas 500GB dengan jumlah data hampir 300GB menghabiskan waktu 3 hari. Bahkan 2 harinya laptop harus menyala tanpa henti. Pada akhirnya semua data dikembalikan. Senangnya temanku dan penulis dapat hadiah buat sangu liburan..
Butuh bantuan??? call me yah ....

0 komentar:

Post a Comment